Monday 17 February 2020

Olimpiade Bercanda Nasional

Halo blogger! Lama juga ya diriku gak nulis lagi di blog ini, biasanya sih ide nulisnya udah ada, realisasinya aja yang sulit hahahah, emang butuh waktu dan konsisten sih ya :). Alhamdulillah tulisan ini bisa kalian baca karena rasa kangen nulis itu muncul lagi. Kurasa, ide menulis paling gampang itu datang dari apa yang sudah kita alami atau jalani. Yap, salah satu hal yang berkesan mengawali tahun 2020 ini, sebagai mahasiswa geografi di salah satu universitas yang ada di jogja (seperti mahasiswa lainnya yang menjadi kepanitiaan event), saya dan beberapa teman-teman di fakultas, menjalani kepanitiaan acara fakultas yang tidak sebercanda judul dari tulisan ini, hihi. Nama acaranya adalah Olimpiade Geografi Nasional atau bisa disingkat Olgenas, yang telah berlangsung 15 tahun hingga tahun 2020 ini. Gilak, dah tua banget yah? Tapi begitulah olgenas, kehadirannya sejak 15 tahun lalu sampe sekarang gak ada matinya, terutama bagi kami, panitianya. hahahah. Bagaimana tidak? walaupun Olgenas sudah diselenggarakan, namun kepanitiaannya masih tetap berjalan setelahnya. Ada regenerasi tentunya seperti event-event lainnya, juga tetua-tetua event yang masih meluangkan waktunya untuk Olgenas (walau sudah lulus sekalipun), dedikasi kakak-kakak kami ini memang patut dicontoh ya gais. Melalui tulisan ini, tentu aku gak akan membahas banyak tentang olgenas, kalau mau tahu tentang eventnya seperti apa, bisa nih dikulik di website yang sudah digarap oleh tim kami, hihihi yuk mari ramaikan : http://olgenas.geo.ugm.ac.id/


Mbak-mbak ngarahin foto bersama saat OL SMA Olgenas 2020

Sesuai judulnya, Olimpiade Bercanda Nasional ini muncul begitu saja dari teman-teman saya di Divisi Design-Dokumentasi-Dekorasi atau biasa disingkat menjadi DDD Olgenas, yang memang kelihatan suka bercanda bin receh. Saking 'receh'nya nih, kami sampai ketagihan buat akun shitpost ala kami, yaa sekedar untuk lucu-lucuan saja biar gak melulu design beserta revisinya terus yang dibicarain hahaha. Melalui akun dddagelan itulah, biasanya sambatan-sambatan kami tentang perkuliahan juga hal-hal pereventan terutama yang berkaitan DDD dapat tercurahkan. Hehehew!

Zul-Abi yang berulangtahun-Gre-Vei-Aqu

Well, menjadi koordinator di lingkungan yang teman-teman satu divisinya skillnya hebat-hebat dari saya tentu menjadi tantangan sendiri khususnya di pertengahan tahun kemarin hingga awal tahun ini. Ummm, mungkin bisa dibilang, tantangan sama tekanan beda tipis ya gengs? wakakakak. Seneng sih rasanya bisa ada di lingkungan ini. Sejak masih jadi maba tahun 2018 lalu, kami direkrut dan dibentuk oleh Mas Felix CS (yang sekarang menjadi SC kami). Awalnya angkatan 2018 ada 5 orang, beranggotakan aku, abi, gre, vei, dan zul. Disusul oleh Brian yang pinter banget bikin website. Pernah ada momen, ketika kami berlima dijelasin sedikit sama beliau tentang ilmu per-webdesign-an, dan jujur gaada yang ngerti Brian ngomong apa saat itu. :))) Gapapa, namanya juga belajar bareng ya kaaan~ sitik-sitik reti lah ya sambil jalan hahahah. Asik banget kenal dan deket sama mereka, gak nyangka seemosional itu kalo diinget-inget lagi hal-hal memalukan yang telah kita lakukan wkwkwk. Dari mulai ngesurprisein ultah tiap ada yang ulangtahun, sampe saat ramadhan; pernah punya pengalaman, kami berlima buka bersama dadakan ngemper di belakang gedung rektorat UGM, yang kebetulan saat itu ada mbak-mbak lewat lalu nawarin kami es limun yang terlihat segar sore itu. Beli lah kami 1 gelas dan diminum untuk berlima :)) sungguh sangat ngirit bin medit. Itu tapi yang ngangenin pooool, heuheu.
DDD 2019
DDD 2018

Fullteam DDD OLGENAS 2020
Seiring berjalannya waktu, akhirnya datanglah momen open recruitment untuk Olgenas 2020, personil kami nambah 5 orang dari angkatan 2019, ada risna, agnes, nopal, abhek, dan dhani. Mereka semua juga punya keunggulan masing-masing dibidang perDDDan, kadang saya juga yang minta diajarin sama mereka hahahah. Seperti yang sudah dikatakan diawal tadi sih, mungkin itu yaa yang jadi tantangan saya pribadi sebagai koordinator diantara anak-anak yang jago-jago ini; untuk mengatur ego supaya gak merasa sok jago dan ga malu untuk mau belajar+ambil ilmu dari temen-temen lainnya. Hingga saat ini, saya masih nggak nyangka olgenas dah selesai aja (walau belum resmi banget siih :p).

   
                                   

*Suasana di basecamp DDD olgenas*

Rasanya seperti baru kemarin gitu stay di basecamp buat ngebackup memory card atau ngecharge baterai kamera yang lumayan banyak; atau juga ngekonsep + dekorasi kilat bareng divisi Expo. Enggak ngerti lagi sih, berkat mereka juga dekorasi olgenas bisa sesuai ekspektasi, hihi.

Tim dekoresyen pose ala Si Belang (Maskot Olgenas)
Ngomong-ngomong tentang ekspektasi, mengingat kembali ketika diriku maba, dulu pernah berekspektasi penuh pada olgenas bahwa event ini akan ngasih aku banyak pelajaran; tapi ternyata untuk mencapai ekspektasi itu, juga perlu mengorbankan banyak hal buat olgenas. Waktu, tenaga, pikiran, semua untuk olgenas. Sama kayak filosofi hidup yha? hehehe~ Aku seneng akhirnya ekspektasi itu bisa aku rasakan sekarang. Namun ternyata baru-baru ini aku sadar, kalau ada satu hal yang luput dan tidak terpikirkan sebelumnya; bahwa dari sinilah, kita semua punya sosok yang saling mendengarkan, saling menguatkan, saling mendukung, pun juga saling nyacat hahaha; yap, bagi saya sendiri, kenangan bersama dddagelan dan orang-orangnya sudah punya posisi dalam hati yang terus terkenang, dan tentunya; keluarga besar olgenas :)

Expo
Akomodasi dan Transportasi

Humas

Acara
Pengurus Harian
 
Perlengkapan
Sponsorship
Konsumsi
Penanggungjawab Soal (PJS)
Perizinan, Keamanan, dan Medis (PKM)
Wildan dan gundik-gundiknya Keluarga OLGENAS 2020

4 comments:

  1. Berkesan bangettt pokoknya:”””” hueeee

    ReplyDelete
  2. Uweeee good job Mbak Syifa!! Diriku senang bisa menjadi keluarga dari Olgenas :")

    ReplyDelete
  3. Shitposting lagi dong, kakak. Ehehehe

    ReplyDelete
  4. Terhuraa dedee.. itu yang pakai baju ijo aku ya foto pertama wkwkwk.

    ReplyDelete